Pengantar Erosi

24 Feb

Erosi lempeng pada tanah tergantung kepada sifat-sifat curah hujan yang jatuh, tahanan yang diberikan oleh tanah terhadap pukulan butir-butir air hujan dan juga tergantung kepada gerakan lapisan tipis air di atas permukaan tanah sebagai limpasan permukaan.

Erosivitas merupakan sifat hujan; hujan dengan intensitas rendah jarang menyebabkan erosi, tetapi hujan yang lebat dengan periode yang pendek atau panjang dapat menyebabkan adanya limpasan permukaan yang besar dan kehilangan tanah. Sifat curah hujan yang mempengaruhi erosivitas dipandang sebagai energi kinetik butir-butir air hujan yang menumbuk permukaan tanah.

πŸ™‚ : dengan adanya vegetasi penutup, maka energi kenetik air hujan tidak secara langsung dirasakan oleh tanah

Erodibilitas merupakan ketidaksanggupan tanah untuk menahan tumbukan butir-butir air hujan. Tanah yang tererosi cepat pada saat ditumbuk oleh butir-butir air hujan mempunyai erodibilitas yang tinggi. Erodibilitas dapat diamati hanya kalau terjadi erosi. Erodibilitas berbagai macam tanah hanya dapat diukur dan dibandingkan jika disebabkan oleh hujan.

πŸ™‚ : Tanah yang mempunyai erodibilitas tinggi akan tererosi lebih cepat dibandingkan dengan tanah yang mempunyai erodibilitas rendah, dengan intensitas hujan yang sama.

Kecepatan penggerusan (scour velocity), adalah kecepatan air yang akan menggerakan tanah pada saat terjadi aliran lempeng (sheet flow atau rill flow) yang bergerak di atas tanah tersebut (biasanya disebut overland flow). Kecepatan tersebut tergantung kepada lereng permukaan, besarnya curah hujan yang tidak dapat berinfiltrasi dan kekasaran permukaan tanah.

πŸ™‚ : Banyaknya bahan erosi yang dapat diangkut oleh air kira-kira sebanding dengan pangkat lima kecepatannya. Bila hendak melakukan tindakan anti erosi, kita harus memusatkan perhatian pada usaha untuk memperkecil kecepatan air.

Pustaka :
CD Soemarto, Hidrologi Teknik, Penerbit Erlangga, 1995

One Response to “Pengantar Erosi”

  1. hary 12 March 2012 at 7:17 am #

    satuan dari erodibilitas apa ya?
    *pertanyaan dosen saya sewaktu sidang kemarin dan saya belum bisa jawab.
    mohon bantuannya trimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: