Bagaimana PLTA bekerja

1 Mar

PLTA merubah energi yang disebabkan gaya jatuh air untuk menghasilkan listrik. Turbin mengkonversi tenaga gerak jatuh air ke dalam daya mekanik. Kemudian generator mengkonversi daya mekanik tersebut dari turbin ke dalam tenaga elektrik.

Jenis PLTA bermacam-macam, mulai yang berbentuk “mikro-hidro” dengan kemampuan mensupalai untuk beberapa rumah saja sampai berbentuk raksasa seperti Bendungan Karangkates yang menyediakan listrik untuk berjuta-juta orang-orang. Photo dibawah ini menunjukkan PLTA di Sungai Wisconsin, merupakan jenis PLTA menengah yang mampu mensuplai listrik untuk 8.000 orang.

alex.jpg

Komponen PLTA

PLTA yang paling konvensional mempunyai empat komponen utama sebagai berikut :

  1. Bendungan, berfungsi menaikkan permukaan air sungai untuk menciptakan tinggi jatuh air. Selain menyimpan air, bendungan juga dibangun dengan tujuan untuk menyimpan energi.
  2. Turbine, gaya jatuh air yang mendorong baling-baling menyebabkan turbin berputar. Turbin air kebanyakan seperti kincir angin, dengan menggantikan fungsi dorong angin untuk memutar baling-baling digantikan air untuk memutar turbin. Selanjutnya turbin merubah energi kenetik yang disebabkan gaya jatuh air menjadi energi mekanik.
  3. Generator, dihubungkan dengan turbin melalui gigi-gigi putar sehingga ketika baling-baling turbin berputar maka generator juga ikut berputar. Generator selanjutnya merubah energi mekanik dari turbin menjadi energi elektrik. Generator di PLTA bekerja seperti halnya generator pembangkit listrik lainnya.
  4. Jalur Transmisi, berfungsi menyalurkan energi listrik dari PLTA menuju rumah-rumah dan pusat industri.

hydroplant-animate.gif

Berapa listrik yang bisa dihasilkan oleh PLTA ?

Besarnya listrik yang dihasilkan PLTA tergantung dua factor sebagai berikut :

  1. Berapa besar air yang jatuh. Semakin tinggi air jatuh, maka semakin besar tenaga yang dihasilkan. Biasanya, tinggi air jatuh tergantung tinggi dari suatu bendungan. Semakin tinggi suatu bendungan, semakin tinggi air jatuh maka semakin besar tanaga yang dihasilkan. Ilmuwan mengatakan bahwa tinggi jatuh air berbanding lurus dengan jarak jatuh. Dengan kata lain, air jatuh dengan jarak dua satuan maka akan menghasilkan dua satuan energi lebih banyak.
  2. Jumlah air yang jatuh. Semakin banyak air yang jatuh menyebabkan turbin akan menghasilkan tenaga yang lebih banyak. Jumlah air yang tersedia tergantung kepada jumlah air yang mengalir di sungai. Semakin besar sungai akan mempunyai aliran yang lebih besar dan dapat menghasilkan energi yang banyak. Tenaga juga berbanding lurus dengan aliran sungai. Dua kali sungai lebih besar dalam mengalirkan air akan menghasilkan dua kali lebih banyak energi.

tambahan :

berikut contoh analisa dan gambar head tank

  1. head-tank-0
  2. head-tank-1
  3. haed-tank-analisa
About these ads

104 Responses to “Bagaimana PLTA bekerja”

  1. Rovicky 9 March 2008 at 3:48 am #

    Hab, menarik tulisannya.
    Coba deh, tambahin dikit info tentang PLTA-PLTA di Indonesia. Berapa kapasitasnya, untuk daerah mana saja? Bagaimana potensi masadepannya di Indonesia, trus apa ada kendalanya.
    Nice blog !

    • achmad mukhlis 11 February 2012 at 2:19 pm #

      aku cah ndeso gi experiment plta tanpa mengadalkan air alam mencoba dgn suatu reaksi air ,gravitasi +ruang hampa cmaN GI MUMET gra” ngk da dukungan dari dari segi moral,dana waktu,dri lingkungan

  2. mohab 9 March 2008 at 6:47 am #

    Wah… trims pakdhe…
    trims juga mau mampir

  3. oktav.. 25 May 2008 at 6:05 am #

    tulisannya menarik
    coba dech tambahi tentang sumber bahaya yang mungkin terdapat di plta…

  4. rey 28 May 2008 at 9:38 am #

    tolong dikasi gambar yang lebih jelas.
    cara kerja PLTA

  5. Hari Siswoyo 28 May 2008 at 2:46 pm #

    Aku duwe lho klasifikasi Pembangkit Listrik Tenaga Air mulai dari Pikohidro sampai dengan PLTA… Termasuk gambar-gambar turbin, kincir, dan desain-desainnya. Nek di e-mail neng kene ora cukup. Barangkali ada yang membutuhkan bisa kontak aku.

    • suwarno 22 June 2009 at 3:50 am #

      ndi aku tak njalu aku pingin experimen plta cili-cili wae masalane pln kaltim biarpet kirim nang emailku warno_pln@yahoo.com

    • jiun wanandi 28 September 2009 at 4:07 am #

      Mas, aku butuh data prospek atau lokasi PLTA yang mau dibangun. dan kalo ada hitungan bisnisplannya. Suwun mas.

    • jiun wanandi 28 September 2009 at 4:19 am #

      Mas bisa kirim data didaerah mana yg butuh PLTA dan berapa besar kebutuhannya, kalo bisa ada bisnisplan and study analisis nya mas. please kirim ke : mrjiun@gmail.com. Suwun mas.

    • putri ardani 3 October 2009 at 4:54 pm #

      pak saya buth.buat bikin tugas kuliah.bs bantu saya?

    • sari 14 October 2009 at 4:45 am #

      mas ato bapak saya di kirim tentang perencanaan membangun dan segala macemnya tentang PLTA skala kecil untuk sebuah desa yang masih belum ada layanan listrik.di kirim ke sariayu.ayu@gmail.com.terima kasih.

    • sigit widyastanto 11 May 2010 at 3:56 am #

      aku yo njaluk mas…….
      enek tugas ng jayapura soale ..suwun.
      sigitst@aol.com

    • Habibie 3 November 2010 at 10:11 am #

      bole tuh mas,aq mohon d kirimin ya….

      • Habibie 3 November 2010 at 10:13 am #

        hari siswoyo : aq mohon d kirim ttg sgla hal ttg PLTA trmasuk cara krja dn untung ruginya…
        ne email ku : karkun_habibie85@yahoo.com

    • Galih 20 January 2011 at 7:55 am #

      Q minta dong mas
      bt referensi ngerjain TA
      email gleei_futsal14@yahoo.co.id
      trimakasih mas.

    • lukman 26 March 2011 at 7:14 am #

      kalo bisa kirim saya dong
      saya penasaran mau tau juga
      thanks

    • Marsisto 17 June 2011 at 1:25 am #

      Mas, H S.
      Aku pengin info ttg PLTA , krn punya proyek kecil2an di Menado. kalau filenya nggak gede2 amat boleh dikirim ke e malil saya . marsistom@gmail.com
      Trims sebelumnya.

    • trie 23 July 2012 at 3:25 am #

      Mas hitungan biaya PLTA per MW kira-2 berapa ya kalu lokasi di daerah Sumatera Utara gitu ,mungkin ada yg bisa ngebantu

  6. tommy 28 July 2008 at 12:03 pm #

    PR

  7. alfian 1 September 2008 at 2:56 pm #

    untuk hari siswoyo.piye carane aku kontak kowe,mgkn awakmu iso email aku neng haloalfian@telkom.net

  8. ahmad yani 5 September 2008 at 4:04 am #

    ma’af pakkalo boleh nanya bagai mana cara kerja PLTA ? makasih pak.

  9. ghondho 11 September 2008 at 4:13 pm #

    mas maw tanya dam yang baek tuh modelnya gimana???????

    • randi 1 October 2009 at 5:46 am #

      minta web itu spesidikasi generator secara detail dan turbin!!

  10. fai 14 September 2008 at 1:53 pm #

    kurang lemgkap…………….
    dilengkapin lagi dwonk

  11. gamal 17 September 2008 at 4:51 am #

    MAAF pengen tanyak komponen apa saja sih yang ada dlm plta selengkapnya yah

  12. ade 20 September 2008 at 1:20 pm #

    wah kurng lengakap tuch info ya..

    lengkapin yua..

  13. FAJAR_MAJALENGKA 21 September 2008 at 7:26 am #

    ADUGH..

    GORENG IKH REFERENSI NYA..

    PAK NU ALUS DIKIT…..

  14. Angga 15 October 2008 at 3:00 am #

    Referensinya Kurang Lengkap, perlu banget sebagai bahan tugas..

  15. said 18 October 2008 at 12:33 pm #

    Duuuuuuuhhhhhh………..bapak…………
    tambahin lagi dong materinya!!!!!!!!
    yah…..yah…..yah……!!!!!!!!!

  16. luddie 21 October 2008 at 4:56 am #

    bisa minta penjelasan tentang pemasangan2 mesin2 kaya turbin n generator d PLTA ga!!!
    thx

  17. Yuko prawirawinata 13 November 2008 at 10:18 am #

    bisa di tampilkan gak foto bagian2 apa saja pendukung dari PLTA itu sendiri….????
    baik di yang di lapangan,,
    maupun reflikasi nya………!!!!

    di tunggu yah,,,
    lebih cepat lebih baik…..!!!!

  18. beni 26 November 2008 at 2:34 am #

    hey bang klo mw lengkapi dkit donk infonya ….gmbarnya jg gk ad………………?

  19. davan 29 November 2008 at 12:52 pm #

    aku punya tugas buat presentasi tentang turbin air,,,
    tolong kirmkan aku data-data yg bisa jadi acuan donk,,,plisss
    kirm ke bzi_41@yahoo.com ya,,,, tx

  20. kojek 3 December 2008 at 4:29 pm #

    tambahin dong kelebihan n kekurangan PLTA, juga jenis PLTA ditinjau dari cara membendung air

  21. kojek 3 December 2008 at 4:36 pm #

    tambahin dong kelebihan n kekurangan PLTA, juga jenis PLTA ditinjau dari cara membendung air, n jenis turbin yang digunakan.
    tolong kirim ke k0jek_uika@yahoo.co.id

  22. LULU LUPH! U 5 December 2008 at 4:48 am #

    klo ngasih brita nyang lnkp dhong! and moga** yang u/ perbuat bermanfaat!

  23. edi 12 January 2009 at 7:27 pm #

    SBENERNYA ADA BERAPA MACAM SIH JENIS TURBIN ITU?????
    TERUS FUNGSI DARI ROTOR DAN STATOR SENDIRI TU BUAT APA??
    APA YANG DIMAKSUD EKSITASI?MVAR?FUNGSI GOVERNOR?

  24. ween 15 January 2009 at 7:10 am #

    bagaimana cara governor mengatur putaran turbin?

  25. Ivan 18 January 2009 at 4:29 am #

    bagaimana cara mengukur kecepatan air secara manual????

  26. narke 26 January 2009 at 10:36 am #

    buku drimn z lo ambil dlm pengetahuan [lta

  27. aran 14 February 2009 at 12:58 pm #

    mas kurang lengkap tuh????

  28. Deo 24 February 2009 at 8:44 am #

    gambarnya jg bhasa inggris dong jadi aneh

  29. samuel 24 February 2009 at 8:44 am #

    bagai mana cara kerja Plta

  30. devya 2 March 2009 at 9:45 am #

    gimana cara kerjanya PLTA

  31. dudul 2 March 2009 at 12:24 pm #

    cara kerjanya yg mn c ??? ga jelas .. hha :D

  32. ramaskara 8 March 2009 at 12:20 pm #

    kok sedikit amat ?????????

  33. chokey DQ 11 March 2009 at 6:00 am #

    yang buuuuaaaanyak donk

  34. Plta 17 March 2009 at 1:02 pm #

    PLTA merubah energi yang disebabkan gaya jatuh air untuk menghasilkan listrik. Turbin mengkonversi tenaga gerak jatuh air ke dalam daya mekanik. Kemudian generator mengkonversi daya mekanik tersebut dari turbin ke dalam tenaga elektrik.

    Jenis PLTA bermacam-macam, mulai yang berbentuk “mikro-hidro” dengan kemampuan mensupalai untuk beberapa rumah saja sampai berbentuk raksasa seperti Bendungan Karangkates yang menyediakan listrik untuk berjuta-juta orang-orang. Photo dibawah ini menunjukkan PLTA di Sungai Wisconsin, merupakan jenis PLTA menengah yang mampu mensuplai listrik untuk 8.000 orang.

    alex.jpg

    Komponen PLTA

    PLTA yang paling konvensional mempunyai empat komponen utama sebagai berikut :

    1. Bendungan, berfungsi menaikkan permukaan air sungai untuk menciptakan tinggi jatuh air. Selain menyimpan air, bendungan juga dibangun dengan tujuan untuk menyimpan energi.
    2. Turbine, gaya jatuh air yang mendorong baling-baling menyebabkan turbin berputar. Turbin air kebanyakan seperti kincir angin, dengan menggantikan fungsi dorong angin untuk memutar baling-baling digantikan air untuk memutar turbin. Selanjutnya turbin merubah energi kenetik yang disebabkan gaya jatuh air menjadi energi mekanik.
    3. Generator, dihubungkan dengan turbin melalui gigi-gigi putar sehingga ketika baling-baling turbin berputar maka generator juga ikut berputar. Generator selanjutnya merubah energi mekanik dari turbin menjadi energi elektrik. Generator di PLTA bekerja seperti halnya generator pembangkit listrik lainnya.
    4. Jalur Transmisi, berfungsi menyalurkan energi listrik dari PLTA menuju rumah-rumah dan pusat industri.

    hydroplant-animate.gif

    Berapa listrik yang bisa dihasilkan oleh PLTA ?

    Besarnya listrik yang dihasilkan PLTA tergantung dua factor sebagai berikut :

    1. Berapa besar air yang jatuh. Semakin tinggi air jatuh, maka semakin besar tenaga yang dihasilkan. Biasanya, tinggi air jatuh tergantung tinggi dari suatu bendungan. Semakin tinggi suatu bendungan, semakin tinggi air jatuh maka semakin besar tanaga yang dihasilkan. Ilmuwan mengatakan bahwa tinggi jatuh air berbanding lurus dengan jarak jatuh. Dengan kata lain, air jatuh dengan jarak dua satuan maka akan menghasilkan dua satuan energi lebih banyak.
    2. Jumlah air yang jatuh. Semakin banyak air yang jatuh menyebabkan turbin akan menghasilkan tenaga yang lebih banyak. Jumlah air yang tersedia tergantung kepada jumlah air yang mengalir di sungai. Semakin besar sungai akan mempunyai aliran yang lebih besar dan dapat menghasilkan energi yang banyak. Tenaga juga berbanding lurus dengan aliran sungai. Dua kali sungai lebih besar dalam mengalirkan air akan menghasilkan dua kali lebih banyak energi.

  35. fuad rahim s 17 March 2009 at 5:38 pm #

    tolong dong kasih tau perincian yang paling detail ok kirim ke email aq yah……………………………(fiadrahimsitompul@yahoo.com)

  36. Adyth 19 March 2009 at 3:52 pm #

    bisa ga minta potensi PLTA di Indonesia ada dimana saja? terima kasih.

  37. PM 20 March 2009 at 12:29 pm #

    Thanks atas informasinya

  38. adhien 21 March 2009 at 12:21 pm #

    sama kayak yang laen…sebenarnya spesifikasi kinerja PLTA tu gimana sih ??trimz….

  39. nazars 27 March 2009 at 9:06 am #

    aduuuuuuuuuuuuuhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh kok singkat bgt

  40. lihan 13 April 2009 at 7:40 am #

    Tolong Data volume air yang Layak untuk PLTA

  41. shushi 13 April 2009 at 8:22 am #

    ehem… makasih ya… tas tulisannya. Karena tulisan ini, tugasku jadi gampang…………………..

  42. Alwan 16 April 2009 at 2:39 pm #

    Tulisanny bgz pak…
    Mf…Kira2 Low pngn gabung ma PLTA gmn y?mxsdnya Low mw kerja d’stu?
    kira2 slain Teknik Elektro/Mesin,jrusan ap ja yg berksmptn Kerja utk PLTA?
    mksh

  43. Dedee Demon 20 April 2009 at 3:11 pm #

    PLTA MUSI 3×70 MW
    Lokasi : Curup-Bengkulu,Indonesia
    Wilayah Kerja Sektor Pembangkitan Bengkulu,Wil S2JB.
    Dengan Kapasitas yang sedemikian rupa PLTA Musi Mampu membantu sebagian besar beban listrik dan menekan biaya pemakaian BBM di PLTD. PLTA Musi Beroperasi tahun 2006.

  44. mohab 21 April 2009 at 4:42 pm #

    pak dedee :
    trims… infonya

  45. ade dwi 30 April 2009 at 4:24 am #

    aku punya tugas tentang pembangkit listrik tenaga angin,ada bahannya ga??

  46. sunarto 3 May 2009 at 2:01 pm #

    saya rasa cukup 2 aja , tapi tlong d,buat lebih detail lagi aja tentang pLTA,

  47. usman 5 May 2009 at 8:15 am #

    thank you soalnya tugasku slesai

  48. kahfi 18 May 2009 at 11:01 pm #

    nice blog,,
    tapi perlu mendetail lagi,,,

    mas hari siswoyo,

    katanya punya yang lebih lengkap lagi,,

    minta dong,,,,,,,
    ni emailq,,
    kapitaa_2208@yahoo.com

  49. Mieta 30 May 2009 at 3:19 am #

    Biyuh… Biyuh…
    Komplit banget, ya!

    Thanks juga, cz ini bisa membantu tugasku membuat makalah, gitchuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu…..!!!!

    Majjuw terroes, yow!

  50. adez 26 June 2009 at 1:44 am #

    dalemnya g nyambung

  51. agit 3 July 2009 at 11:30 am #

    DELAMA BGD SII

  52. Wardy 5 July 2009 at 1:55 am #

    Artikel cukup komplit, sangat membantu dalam tugas-tugas kampus

  53. mohab 6 July 2009 at 4:10 pm #

    Trims atas semua komentar yang diberikan. Untuk file-file lainnya tentang PLTA dapat dilihat di http://mohab.org

  54. Ade Maulana 9 September 2009 at 1:51 am #

    Klo minta bantuan dana utk buat PLTA ma sapa ya.cos desa saya ad air terjun gede mpe kini blom ad perhatian penguasa..sementara desa kami masih gelap blom ada PLN..Sedih..every one help me…!!!

    • tulus 23 September 2009 at 4:46 am #

      desanya dimana mas ade, kali aja saya bisa survey kesana, kebetulan bisnis kita saat ini mau mengarah ke power plan.

  55. Ade Maulana 9 September 2009 at 2:21 am #

    D tunggu bantuannya… adolasport@gmail.com

  56. RINDHA 29 September 2009 at 12:51 pm #

    MINTA REPLIKA PLTA DUNKK

  57. SAEP 14 November 2009 at 6:09 am #

    saya ada keinginan membuat PLTA skala kecil ,
    bisa di bantu kasih tau mulei nya dari mana??

    trims’ sblum nya

  58. RA 27 November 2009 at 3:29 pm #

    ada info tentang PLTA yng laen g om????

    makasih…..

  59. johan 24 December 2009 at 2:03 am #

    plta

    itu,….

    sebaiknya lebih bisa di kembangkan lebih besar

    krena potensi

    ESDM Air Indonesia

    Cukup Besar

  60. Ali Samsuri 22 January 2010 at 12:54 pm #

    generator semakin besar kapasitasnya mutarnya semakin berat yah? atau besarnya daya yang dikeluarkan tergantung dari kecepatan rpm yang dihasilkan. tks

  61. purwanto 2 March 2010 at 11:16 am #

    mas minta skema untk PLTA yg mini,kira-kira air berdiameter kecil..
    untk membngkitkan dinamo 3000 watt.

  62. faris 6 March 2010 at 3:26 pm #

    gini z ingn mrencanakn plta skala kecil didaerah z,,jd z btuh informsi mengenai proses perencanaannya

  63. ratih 27 March 2010 at 2:21 am #

    knpa g bkin karya ilmiah aj skalian????

  64. palmektingn 27 March 2010 at 9:16 am #

    txs bwt nmbh pnlitian q tntg plta dt4 q brada cz lstrik skrg sring pdam, tgl ngtung p’rncnaan z nc, mksh are2

  65. CIAH 8 May 2010 at 3:44 am #

    KLU D INDONESIA AD BERAP PLTA????????????

  66. jhon 25 May 2010 at 12:27 pm #

    tlg d’lampirin ma gmbar nyata dong byr lbh jelas!!!

  67. rara_hasia 25 May 2010 at 12:46 pm #

    Lebih detail lg y….. n lbh pjg lg… hehehhe becanda…

  68. Eko boy 25 May 2010 at 6:26 pm #

    Mas,,tolong bikinin sumber energi dari plta mas?

  69. awal 10 June 2010 at 4:49 am #

    mantap

  70. citra 28 July 2010 at 1:03 pm #

    wow amazing !!!

  71. jastro 13 September 2010 at 3:49 pm #

    tlg dunk dikirmi rangkaian pembangkit listrik tenaga air skala kecil…..

  72. arriandini 29 September 2010 at 11:58 pm #

    klo untuk mengetahui jumlah produksi kwh, peakaian air, dan untuk pemaikan air 1 MWH rumusnya gmn y?

  73. maryatun 22 October 2010 at 12:38 pm #

    mas kirimin pembuatan miniatru PLTA donk

  74. paul 13 November 2010 at 6:43 am #

    terima kasih artikelnya, sangat membantu buat PR.

  75. nanang 19 November 2010 at 6:09 am #

    waah maturnuwun gih kebetulan aku lagi cari data tentang plta, untuk pembelajaran anak-anak. ngopy gih ?

  76. Roby 4 March 2011 at 1:59 pm #

    matur nuwun pk de,

  77. MELLY 6 December 2011 at 8:15 am #

    ADUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUHHHH KUQ MATERINYA CUMAN SEDIKIT BGAT SIH…………………………… Q JDI BGUNG HRUS AMBL YG MANA

  78. febri 10 September 2012 at 3:49 pm #

    kurang lengkap bos,…coba jelaskan secara rinci sampe suplai excitasi ny….trim’s..

  79. ardi islami fa'arizal 30 October 2012 at 8:27 am #

    saya bekerja di PLTA, PLTA mantep dibanding PLTU, PLTGU, PLTP atau lainnya

  80. 11101986 4 November 2012 at 3:32 am #

    bg….mo nanya ni,bagaimana alternatif lain selain menggunakan air dari bendungan??tmpt tinggal ku dataran rendah

  81. Sukidjo 6 December 2012 at 5:16 am #

    KANG,,,,Tolong kirim speck material plta yg sesuai dg kapasitas 20mw ke alamatku( kijo.ekbs@gmail.com) MATURSUWUN MAS

  82. nikita 7 March 2013 at 9:55 am #

    tambahin cara kerjanya

  83. nikita 7 March 2013 at 10:14 am #

    tambahin cara kerjanya dong !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  84. nikita 7 March 2013 at 10:15 am #

    itu mah gak ada cara kerjanya!!!!!!

  85. Agung Pamudji 27 August 2013 at 5:29 am #

    Nostalgia Nich,…..Saya juga pernah Kerja di Proyek Karangkates,…..

Trackbacks/Pingbacks

  1. Implementasi Generator pada PLTA « Driven by Love & Crushed by Hate - 30 April 2012

    […] v  http://mohab.wordpress.com/2008/03/01/bagaimana-plta-bekerja/ […]

  2. Selain Nuklir, Apalagi Pilihan Energi Alternatifnya? | Cangkir Ide - 9 May 2012

    […] We’re not talking about that ‘blue energy’ hoax ya, atau bensin campur air (adanya bensin campur dorong ). Maksud saya PLTA alias Pembangkit Listrik Tenaga Air. […]

  3. Cara Dinamo Listrik Bekerja Dgn Air | Penghemat Bahan Bakar Mobil | Penghemat Motor Matic Post - 10 December 2012

    […] mohab.wordpress.com […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: